5 Tips Atasi Kecanduan Smartphone

 sekarang ini banyak pengguna smartphone menggunakan perangkatnya untuk membaca berita  5 Tips Atasi Kecanduan Smartphone
Ilustrasi: sekarang ini banyak pengguna smartphone memakai perangkatnya untuk membaca info (sumber: thenewshacker.com)
Siapa yang tak memiliki smartphone? Pastinya sebagian besar orang telah memiliki smartphone untuk berkomunikasi dan membantu kegiatan sehari-hari. Karena tingkat pemakaian yang tinggi, tak jarang pengguna mengalami kecanduan dengan smartphone mereka.

Bahkan, banyak orang mengaku lebih baik tak membawa dompet daripada tak membawa smartphone lantaran sudah ketagihan dengan smartphone. Lalu bagaimana mengatasi ketagihan terhadap smartphone?

Lima tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Rabu (22/2/2017) ini mungkin mampu membantu kau mengatasi kecanduan smartphone.

1. Aktifkan Modus Silent

Saat mengetahui notifikasi smartphone berupa suara atau getaran, pengguna yang ketagihan pasti ingin langsung mengecek ponsel mereka. Hal ini yang membuat pengguna jadi tak bisa lepas dari smartphone. Cobalah untuk mengaktifkan modus silent pada smartphone kamu.

Dengan begitu, kau tak akan mengecek smartphone tiap kali ada notifikasi. Masih ada notifikasi LED? Coba untuk membalik letak smartphone, bab layar di bawah.

Ilustrasi Smartphone - Kredit: Man looking his phone - Freepik.com/Molostock

2. Taruh Smartphone di Tempat Tak Terlihat

Pernah dengar ungkapan 'tak terlihat, tak terpilkirkan'? Ungkapan ini pertama kali diciptakan ketika Nokia merilis 3310. Mungkin ungkapan ini ada benarnya. Bagi yang ketagihan smartphone, cobalah menaruh ponsel kau di daerah yang tak terlihat.

Misalnya kau sedang di kantor atau berkencan, cobalah taruh smartphone kamu di saku atau di tas. Sebagian perusahaan juga meminta karyawannya untuk menaruh smartphone di sebuah keranjang dikala rapat berlangsung. Tujuannya tentu semoga pikiran karyawan mampu lebih fokus.

Prioritaskan Notifikasi Penting

3. Saat Sedang Berkumpul, Coba Susun Smartphone

Kamu pasti pernah jalan bareng dengan teman-teman, kan? Sadar atau tidak, seringkali dikala berkumpul, orang justru asik dengan smartphone masing-masing daripada menghabiskan waktu sembari mengobrol.

Untuk mengatasinya, mungkin kamu mampu menaruh smartphone dengan menyusunnya ke atas. Alih-alih melihat ke layar smartphone masing-masing, pasti suasana berkumpul pun bakal lebih menyenangkan dan erat.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Sumber: IFixIt)

4. Beri Prioritas pada Notifikasi yang Penting

"Kalau saya silent ponsel ini, bagaimana saya bisa tahu bila ada hal yang benar-benar penting," mungkin begitu pertanyaan kau pada diri sendiri sebelum mengubah notifikasi ke modus silent.

Untuk itu, kau mampu memberlakukan prioritas. Sekiranya ada panggilan atau SMS dari nomor-nomor tertentu, bisa kau utamakan. Pastikan biar kau memilih mana yang dianggap penting dan mana yang tak penting.

Cara matikan notifikasi yang menganggu di perangkat iOS. (Doc: iMore)
5. Gunakan Smartwatch

Cara lain untuk mengatasi kecanduan terhadap smartphone ialah dengan menggunakan smartwatch. Memang, ini terkesan memindahkan notifikasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tetapi kamu tak perlu menatap layar smartphone terus-jalan masuk.

Smartphone kau bisa ditaruh di saku atau tas, bila ada notifikasi penting di smartwatch, kau bisa membukanya pribadi di smartphone.

Apple, Asus, LG, Motorola, Pebble, Sony? Mana smartwatch yang paling Anda incar? Ikuti polling-nya berikut ini

Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: