Cara Atau Metode Pembelajaran Di Tk

Sebelum kita melihat metode pembelajaran di Taman Kanak-kanak, terlebih dahulu kita lihat pengertian dari metode pembelajaran. Metode pembelajaran yaitu metode yang digunakan pendidik dalam mengajar. ini merupakan salah satu kunci pokok keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pemilihan metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran yakni cara yang dilakukan pendidik untuk membelajarkan anak supaya mencapai kompetensi yang ditetapkan.

 Sebelum kita melihat metode pembelajaran di Taman Kanak Cara atau Metode Pembelajaran di Tk
Cara atau Metode Pembelajaran di Tk
Metode metode pembelajaran yang dapat dipakai di Taman Kanak–Kanak antara lain ialah metode bercerita,metode bercakap-cakap,metode tanya jawab,metode Karyawisata, metode demonstrasi, metode sosiodrama atau bermain tugas,metode eksperimen, metode proyek, dan metode santunan peran.

Secara lebih rinci Metode pembelajaran di Taman Kanak–Kanak yaitu sebagai berikut:

A. Metode Bercerita :

Metode bercerita adalah cara bertutur kata dan penyampaian cerita atau memberikan Penjelasan perihal suatu cerita kepada anak secara mulut.

B. Metode Bercakap-cakap
Metode bercakap-cakap berupa kegiatan bercakap-cakap atau bertanya jawab antara anak dengan guru atau antara anak dengan anak.Bercakap-cakap dapat dilaksanakan dalam bentuk:
  1. bercakap-cakap bebas
  2. bercakap-cakap berdasarkan tema
  3. bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
  4. Dalam bercakap-cakap bebas acara tidak terikat dengan tema,tetapi pada kemampuan yang diajarkan Bercakap-cakap berdasarkan tema tertentu .Bercakap-cakap berdasarkan gambar seri menggunakkan gambar seri sebagai bahan percakapan.
C. Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab yakni metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi eksklusif yang bersifat two way traffic karena pada dikala yang sama terjadi dialog antara pendidi dan anak. pendidik bertanya anak menjawab atau anak bertanya pendidik menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara pribadi antara pendidik dan anak bimbing.

Metode Tanya Jawab dilaksanakan dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu kepada anak. Metode ini dipakai untuk :
  1. Mengetahui pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki anak,
  2. Memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya,
  3. Mendorong keberanian anak untuk mengemukakan pendapat.

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam metode tanya jawab ini antara lain:

Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
a) Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
b) Untuk merangsang siswa berfikir.
c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.

Jenis pertanyaan
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, ialah pertanyaan ingatan dan pertanyaan pikiran:

a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana pengetahuan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya.
b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana cara berpikir anak dalam menanggapi suatu masalah. Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.

Tehnik mengajukan pertanyaan
Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru dalam mengajukan pertanyaanya. Metode tanya jawab biasanya dipergunakan apabila:

1) Bermaksud mengulang materi pelajaran.
2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
3) Tidak terlalu banyak siswa.
4) Sebagai selingan metode ceramah

D. Metode Karyawisata
Metode yang dilakukan dengan mengajak anak mengunjungi obyek-obyek yang sesuai dengan tema

EMetode Demonstrasi
Metode Demonstrasi yaitu metode yang dilakukan dengan cara memperlihatkan cara atau memperagakan suatu cara atau suatu ketrampilan.Tujuannya semoga anak dapat memahami dan mampu melaksanakan dengan benar,misalnya mengupas buah,memotong rumput,menanam bunga, mencampur warna,meniup balon kemudian melepaskannya,menggosok gigi,mencuci tangan,dan lain-lain.

F. Metode Sosiodrama atau bermain peran
Metode sosiodrama yaitu cara menawarkan pengalaman kepada anak melalui bermain tugas ,adalah anak diminta memainkan tugas tertentu dalam suatu permainan peran.Misalnya ,bermain jual beli sayur-mayur,bermain menolong orang yang jatuh,bermain mengasihi keluarga dan lain-lain

G. Metode Eksperimen
Metode Eksperimen yakni cara menunjukkan pengalaman kepada anak dimana anak memperlihatkan perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati kesudahannya .Misalnya ,balon ditiup ,warna yang dicampur,air dipanaskan,tumbuhan disiram dan tidak disirami dan lain-lain

H. Metode Proyek
Metode Proyek yaitu cara menunjukkan kesempatan kepada anak untuk menggunakan alam sekitar dan kegiatan sehari-hari sebagai materi pembahasan melalui bebagai aktivitas.

I. Metode Pemberian Tugas

Metode pertolongan peran yaitu metode yang memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk melakukan tugas yang disiapkan oleh guru.

Dalam penerapannya metode pembelajaran di atas mampu dilakukan dengan seni manajemen yang tepat untuk mencapai tujuan final pembelajaran secara lebih terperinci. Adapun jenis-jenis strategi dan penerapan taktik pembelajaran untuk anak TK meliputi hal-hal sebagai berikut :

J. Jenis-jenis Strategi Pembelajaran di TK

1.Strategi Pembelajaran Umum
2.Strategi Pembelajaran Khusus (Baca Juga Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak !!)

Sumber Link

Subscribe to receive free email updates: