Bahaya Tidur Sesudah Sahur


Tidur setelah sahur memang tidak haram. Namun, dari sisi ilmu gizi dan kesehatan tidur sesudah makan sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategori dihentikan karena imbas buruknya sangat banyak.

Pramono, andal gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dalam tulisannya kepada Tribunnews.com menyampaikan dampaknya antara lain perut akan jadi buncit alasannya adalah ketika tidur badan jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan gampang tertimbun di perut kita.

Juga akan terjadi refluks, alasannya adalah makanan belum dicerna maka mampu berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi balasan kita tidur.

"Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit," tulis Pramono.

Normalnya isi lambung/maag akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi bila posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini akan menimbulkan timbulnya gangguan pencernaan mirip mencret atau sembelit tergantung materi kuliner yang kita makan.

Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi jika kita tidur setelah sahur. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur atur saja minimal 2 jam sesudah makan sahur gres tidur.

Tak heran jikalau banyak ulama beropini bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan .

Nabi Muhammad SAW telah memberika tuntunan bahwa makansahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya jadi hingga menjelang subuh atau waktu imsyak sehingga secara nalar maka sesudah sahur maka eksklusif dilanjutkan ibadah Sholat Subuh dan bila sehabis sholat subuh dilanjutkan dengan wirid yang cukup panjang maka matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.

Rasulullah SAW tidak pribadi tidur sehabis makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya masakan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga gampang dicerna.

Caranya mampu juga dengan shalat.

Rasulullah SAW bersabda,"Cairkan masakan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian pribadi tidur sesudah makan, alasannya adalah dapat menciptakan hati kalian menjadi keras."(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).

Nah, masih nekad tidur sesudah sahur?

Subscribe to receive free email updates: