10 Cara Menciptakan Anak Cerdas

10 Cara Membuat Anak Cerdas

Cara menciptakan anak cerdas ialah dengan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Otak anak dapat tumbuh dan berkembang melalui penerimaan rangsangan indera. Penglihatan, telinga, sentuhan, rasa dan penciuman akan merangsang kekerabatan ke sel otak anak, hal ini disebut sebagai sinapsis. Semakin baik penerimaan rangsangan dari indera maka anak akan semakin cerdas.
Oleh sebab itu, untuk menciptakan anak cerdas, para orang renta harus memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan rangsangan indera ke sel otak. Di bawah ini ada 10 cara untuk membuat anak cerdas, ialah :

1.         Lakukan Interaksi Langsung dengan Anak


Anak yang kurang menerima perhatian orang tua seperti kurang menerima dekapan, bermain-main dengan orang renta akan menghambat pertumbuhan otaknya, lambat menerima rangsangan dan akan mengalami tekanan. Tetapi bilamana orang tua berinteraksi secara langsung dengan anak, sering menawarkan dekapan dan bermain-main dengan anak akan memberikan efek yang berpengaruh terhadap kecerdasan anak, hal ini juga akan menunjukkan teladan pikir yang lebih tinggi kepada anak. 

2.         Lakukan Komunikasi Langsung dengan Anak


Komunikasi langsung dengan anak dengan berbicara kepada anak secara intens serta mendengarkan dikala anak sedang berbicara, walaupun kata yang dikeluarkan belum bisa secara tepat, tetapi berusahalah mengartikan kata-kata yang dibicarakan oleh anak sehingga akan terjali komunikasi, hal ini akan memperlihatkan imbas yang cukup besar ke sel otak anak. Selain komunikasi langsung, anak cerdas juga dapat di bentuk dengan komunikasi secara tidak eksklusif yakni dengan membacakan buku-buku untuk anak, hal ini akan menawarkan rangsangan untuk mengembangkan kemampuan bahasa. Membaca buku yakni salah satu aktivitas yang paling penting dalam membuat anak cerdas, alasannya adalah akan menumbuhkan minat dan kemauan untuk menuntut ilmu, dengan membaca pula anak akan menerima bayangan dan bekal pengetahuan yang dibutuhkan untuk kurun depannya.

3.         Berusaha Kembangkan Kedua Sisi Otak Anak


Fungsi otak kiri anak sebagai daya akal, nalar dan bahasa sementara otak kanan berfungsi sebagai pembentuk kreatifitas dan seni. Mengembangkan kedua sisi otak anak akan menawarkan peningkatan drastis terhadap kecerdasan anak. Oleh karena itu untuk membuat anak cerdas, orang bau tanah mesti menunjukkan sarana penunjang dalam peningkatan kreatiftas dan seni seperti permainan menggambar, permainan bongkar pasang serta memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk menciptakan mainan sendiri seperti menciptakan kendaraan beroda empat-mobilan dari kaleng dan lain lain, hal ini akan meningkatkan kreatifitas dan seni anak. Sedangkan untuk membuatkan daya nalar dan nalar anak, orang bau tanah sebaiknya memberikan permainan mirip tebak gambar, permaian asah otak serta teka teki yang menggambarkan dunia kehidupan anak. Hal ini sungguh mempunyai peran yang sangat besar dalam membuat anak cerdas.

4.         Beri Kesempatan Kepada Anak untuk Bermain


Ketika anak bermain maka mereka akan membuat dasar bagi keterampilan intelektual, sosial, fisik dan emosional mereka. Ketika anak Anda bermain dengan bawah umur lain, mereka belajar untuk menggabungkan inspirasi-pandangan baru, kesan dan perasaan dengan anak yang lain. Biarkan anak anda juga menggandakan apa yang sedang anda perbuat, mereka senantiasa akan menggandakan acara orang tua dan menganggapnya sebagai permainan. Jika beliau melihat Anda membaca buku, menulis, bermain musik, atau melakukan hal-hal yang kreatif, maka anak akan menjiplak perbuatan anda, dan dalam hal ini secara tidak sadar akan membuat diri anak semakin cerdas dan pintar.

5.         Berikan Waktu untuk Berolahraga


Olahraga tidak hanya menciptakan fisik anak menjadi berpengaruh, tetapi juga menciptakan anak menjadi cerdas. Olahraga meningkatkan fatwa darah ke otak dan membangun sel-sel otak baru. Dengan olahraga yang baik akan membentuk dan mematangkan mental anak dan memberikan daya rangsangan untuk pengembangan otak anak.

6.         Berikan Pelajaran Bermain Musik Kepada Anak


Mendengarkan dan bermain musik dapat meningkatkan memori, perhatian, motivasi dan pembelajaran anak. Hal ini juga mampu menurunkan stres yang merusak jaringan otak anak. Belajar memainkan alat musik mempunyai imbas terhadap peningkatan daya pikir anak dan merangsang daya nalar pada anak. Mendengarkan dan bermain musik sendiri akan memberikan kontribusi cukup besar dalam mengakibatkan anak anda sebagai anak cerdas.

7.         Biarkan Anak Bermain Game Komputer


Game komputer yang baik yaitu game yang mengajarkan anak tentang abjad, matematika, musik dan banyak lainnya. Hal ini juga berbagi koordinasi tangan dan mata mereka dan mempersiapkan mereka untuk teknologi masa depan. Namun jangan biarkan anak bermain game pada komputer terlalu lama, sebab akan melemahkan daya tahan mata anak dan cenderung mengakibatkan rasa malas akibat otot motorik tidak bekerja.

8.         Berikan Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Anak


Memberikan makanan yang sempurna penting untuk membentuk anak cerdas, seperti derma Vitamin A yang kaya akan protein akan meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan cara berpikir anak. Karbohidrat memberikan kalori sebagai sumber tenaga untuk beraktifitas. Untuk lebih detail silahkan baca postingan saya sebelumnya Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Anak.

9.         Tanamkan Ke Benak Anak untuk Memiliki Cita-Cita


Cita-cita adalah impian untuk mengejar tujuan jangka panjang dengan kerja keras, ketekunan dan ketetapan hati. Hal ini akan memperlihatkan motivasi yang tinggi kepada anak untuk selalu mengedepankan pembelajaran demi tercapainya harapan mereka.

10.     Usahakan Membawa Anak untuk Bertamasya


Beberapa pilihan yang baik untuk bertamasya ialah museum dan kawasan wisata. Tamasya merupakan cara lain dalam memperlihatkan pelajaran kepada anak dalam keadaan bersenang-bahagia, sehingga pengalaman dan hal-hal baru yang mereka dapatkan akan gampang mereka ingat, dan rangsangan yang demikian akan lebih mudah terserap oleh otak anak.

Demikian tulisan 10 cara menciptakan anak cerdas ini aku buat, supaya dapat bermanfaat bagi pembaca dalam membentuk atau meningkatkan kecerdasan anak. Bila ada hal-hal yang tidak berkenan mengenai goresan pena cara membuat anak cerdas ini, jangan segan-segan untuk berkomentar, saran dan kritik anda ialah kontribusi besar bagi goresan pena saya selanjutnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: