Dampak Lagu Bagi Perkembangan Psikologi Anak



Pengaruh Lagu bagi perkembangan Psikologi Anak

Perkembangan Psikologi Anak
Lagu sagat kuat bagi perkembangan psikologi anak, alasannya adalah anak akan lebih mudah menyerap dan memahami lingkungan mereka dalam keadaan bermain dan bernyanyi. Sebelum kita membahas mengenai pengaruh lagu bagi perkembangan psikologi anak, terlebih dahulu kita mesti ketahui proses perkembangan psikologi anak.

Tahap Perkembangan Psikologi Anak

Pertama, pada usia lahir (1 bulan)  – 1 tahun. Pada usia ini anak belum mengenal kondisi lingkungan selain daripada orang tuanya. Anak cenderung mengenal orang bau tanah dengan memakai indera menyentuh dan melihat. Anak akan bertanya-tanya dan berusaha mengenal lingkungan keluarganya dan impian untuk terus bersama orang tua sangat tinggi. Orang renta yang lebih sering mendekap, menggendong bahkan menyusui anak akan menunjukkan rasa kondusif bagi bayi yang berdampak pada perkembangan psikologi anak. rasa kondusif ini akan menciptakan anak melupakan hal-hal yang berkutak pada sekelilingnya dan berusaha memikirkan hal-hal baru.
Kedua, pada usia 2-3 tahun. Pada usia ini anak mulai aktif untuk mengenal lingkungannya, rasa ingin tahunya untuk hal-hal baru sangat tinggi. Pada usia ini anak cenderung lebih sering bermain dan melaksanakan hal-hal yang dilihat atau dicontoh dari orang dewasa. Perkembangan mental dan psikologi anak pada abad ini sangat rentan, olehnya orang tua harus membiarkan anaknya untuk melaksanakan apa saja tetapi tetap dalam pengawasan secara tidak eksklusif,  jangan biasakan melarang dan membentak anak karena pada usia ini merupakan akan menghambat proses pembentukan mental anak.
Ketiga, pada usia 4-6 tahun. Pada usia ini anak mulai mengenal lingkungan melalui media gambar dan kata-kata. Perkembangan psikologi anak pada kala ini merupakan yang paling signifikan, dimana abad ini merupakan awal pembentukan daya logika(nalar) anak. Anak mulai mengenal arti lingkungannya, mengenal teman bermain, membatasi atau bertindak impulsif, menimbang-nimbang perbuatan hingga mulai berimajinasi mengenai lingkungannya, yang akan membentuk rasa percaya diri pada anak.

Pengaruh Lagu terhadap Psikologi Anak

Lagu yang baik untuk perkembangan psikologi anak tentunya lagu anak-anak. Pada masa perkembangan daya logika anak, cenderung lebih menentukan mencar ilmu sambil bermain dan atau bernyanyi, dimana lagu akan berbagi representasi mental dan motorik anak sebab melalui lagu anak akan bernyanyi dan bergerak. Selain itu, anak akan cenderung lebih cepat mencerna isi daripada lagu, memahami dan membentuk khayalan mereka akan kondisi lingkungan sesuai alur dari pada lagu. Olehnya, selain keindahan musik dan lagunya, isi lagu pun sangat berperan dalam pembentukan psikologi anak.
Namun, pada kondisi sekarang, kita lihat di media televisi lagu yang mayoritas yakni lagu remaja, hampir tidak pernah muncul tayangan mengenai lagu anak-anak. Dominasi lagu cukup umur ini pada media akan berdampak pada perkembangan psikologi anak, dimana anak akan senantiasa mencerna dan mencontoh lagu dewasa tersebut. Dewasa ini, Lagu cukup umur dominan berisi tentang percintaan, perselingkuhan, patah hati dan lain lain yang bilamana dicerna oleh belum dewasa akan memberikan dampak atau kesan terseret dalam imajinasi kehidupan orang akil balig cukup akal. Tentu hal ini sangat memprihatinkan, ditambah media tidak memiliki kontrol terhadap intensitas penayangan lagu akil balig cukup akal bahkan pemerintah seakan membiarkan media untuk menayangkan kapanpun dan sesering mungkin tanpa menunjukkan ruang kepada lagu anak untuk dipertontonkan.
Oleh karena itu, dituntut tugas aktif orang renta untuk membimbing anak-anak dirumah, dan berusaha menyajikan lagu bawah umur. Lagu bawah umur jaman sekarang memang hampir tak ada lagi, namun orang renta masih mampu menemukan lagu belum dewasa jaman dulu yang kualitasnya memang mampu membangun perkembangan psikologi anak. Lagu anak jaman dulu banyak yang berisi perihal penanaman sopan santun, pengenalan dasar-dasar pelajaran, lingkungan hinggan pemberian akal dasar yang cocok untuk perkembangan psikologi anak.

Bagi para orang bau tanah yang kesulitan menemukan lagu anak-anak, saya sediakan linknya di bawah ini:
Kumpulan lagu anak-anak di atas sangat bermanfaat untuk perkembangan psikologi anak. 

Demikian goresan pena mengenai imbas lagu bagi perkembangan psikologi anak ini, marilah sama-sama mengawasi dan membantu proses tumbuh kembang psikologi anak, sebab perkembangan psikologi anak rentan pada usia dini dan sangat berdampak pada kehidupannya di masa akan tiba.
Salam.

Subscribe to receive free email updates: