Begini Kronologi Inovasi Jasad Berkalung Serban

Begini Kronologi Penemuan Jasad Berkalung Serban Begini Kronologi Penemuan Jasad Berkalung Serban
Begini Kronologi Penemuan Jasad Berkalung Serban

 Yogyakarta - Warga Dusun Toboyo, Desa Plembutan, Playen, Gunungkidul, Daerah spesial Yogyakarta (DIY) dihebohkan dengan penemuan jasad baru-gres ini. Jasad misterius itu diduga berusia puluhan tahun, namun kondisinya masih utuh lengkap dengan kain serban di bagian lehernya.

Kain kafan yang membalut tulang belulang tubuhnya juga masih utuh, tak ada yang robek. Bahkan tujuh tali pengikat jenazah juga tidak rapuh dan masih berpengaruh dikala ditarik.

Sikas, penggali kubur dusun Toboyo, yang pertama kali menemukan jasad tersebut. Dia merinci kronologi dirinya hingga menemukan jasad tersebut.

Saat itu dia sedang menggali liang lahat bersama rekannya untuk pemakaman salah satu warga sekitar dusun Toboyo. Penggalian itu dilakukan bersama rekannya sesuai pesanan dari keluarga warga yang meninggal.

Lalu ia dan temannya mulai menggali liang lahat semenjak pagi hari. Dua jam sesudah penggalian, gres beliau menemukan jasad berkalung serban tersebut.

"Sekitar jam tujuh pagi (sudah menggali), tapi keluarnya (ditemukan) jasad itu jam sembilan," ujarnya Jumat 17 Februari 2017.

Sikas menyampaikan sesudah menggali 1,8 meter, alat galinya mengenai sesuatu. Sehingga dia kesannya pelan-pelan mencari benda apa yang mengenai paculnya.

Lalu ia kaget alasannya adalah yang ditemukan yakni jasad. Padahal, menurut juru kunci makam, lokasi yang digalinya itu yakni kosong.

"Saya yang pertama kali mengangkat. Bener-bener utuh masih panjang, kaku," ungkapnya.

Sikas mengatakan kalau beliau sudah mengurus 86 mayat untuk dimakamkan. Namun gres pertama kali ini mendapati mayit dengan jasad yang masih utuh. Bahkan jasad itu juga tidak mengeluarkan busuk busuk layaknya mayit umumnya.

"Boten (tidak) wangi. biasanya kan nek sudah jadi mayat itu kan busuk, ini tidak anyir apapun," ungkapnya.

Sumber Link

Subscribe to receive free email updates: