Mengemis Itu Haram, Kecuali 3 Golongan Ini



MENGEMIS YANG DIBOLEHKAN

Rasullullah saw bersabda : Qabishah bin Mukhariq al Hilal ra berkata: “saya pernah memikul tanggunguan berat (diluar kemampuan), lalu aku tiba kepada Rasulullah saw untuk mengadukan hal itu. Kemudian dia bersabda: “tunggulah hingga ada sedekah yang tiba kepada kami lalu kami perintahkan biar sedekah itu diberikan kepadamu”. Setelah itu beliau bersabda: Hai qabishah, bekerjsama meminta-minta itu tidak boleh kecuali bagi salah satu dari tiga golongan, ialah


(1) orang yang memikul beban tanggungan yang berat (diluar kemampuannya), maka ia boleh meminta-minta sehingga setelah cukup kemudian berhenti, tidak meminta-minta lagi. 

(2)Orang yang tertimpa petaka yang menghabiskan hartanya, maka beliau boleh meminta sampai dia mendapatkan sekedar kebutuhan hidupnya. 

(3) Orang yang tertimpa kemiskinan sehingga tiga orang yang sehat pikirannya dari kaumnya menganggapnya benar-benar miskin, maka ia boleh meminta hingga dia menerima sekedar kebutuhan hidupnya.
Sedangkan selain dari tiga golongan tersebut hai Qabishah, maka meminta-minta itu haram yang akhirnya jika dimakan juga haram 

[Hadist Riwayat Muslim]

Subscribe to receive free email updates: